FRESH IJTIHAD SEBAGAI KUNCI MEJAWAB PROBLEM MODERNITAS (Telaah Pemikiran Abdullah Saeed)

Jumarim Jumarim

Abstract


Abdullah Saeed adalah cendikiawan muslim yang merasakan adanya kegelisahan akademik, terutama tentang keber-islam-an ummat Islam di negera-negara Barat, yang otomatis menjadi ummat minoritas. Sikap dan carapandang sebagian Islam yang ditunjukkan dengan kekerasan atas nama agama, seperti jihad yang diidentikkan dengan aksi teroris, justru menimbulkan sikap diskriminatif kelompok mayoritas terhadap ummat Islam sebagai ummat minoritas di Negara-negara Eropa termasuk Australia. Namun, akhirnya, dia, mewakili cendikiawan muslim lainnya, justru merasa nyaman (comport) dengan adanya varian Islam yang justru wellcome dengan modernitas, lalu dikembangkannya menjadi proyek akademiknya dengan istilah Progressive Ijtihadist dan pelakunya disebut Muslim Progressive. Hal mendasar yang dirumuskan dan ditawarkan Abdullah Saeed dalam proyek progressive ijtihadistnya adalah pentingnya melakukan ijtihad dengan metode “fresh ijtihad” (kreatif, aplikatif, fleksibel dan reflikatif) dengan menjadikan “Context Based Ijtihad” sebagai paradigmanya. Fiqh atau hokum Islam akhirnya harus diakui sebagai inti dari pemikiran keagamaan (Islam). Ulum al-Dien (tafsir, hadist, akhlaq, kalam dan sebagainya) akan bermuara implementasinya dalam esensi atau corak utama keislaman, yaitu fiqh atau hukum Islam. Oleh karena itu, ushul fiqh, maqashid al-syari’ah dan sebagainya terus menemukan momentumnya untuk dikembangkan sebagai alat untuk mewujudkan konsep “al-Islam Sholihun li kulli Zamanin wa Makanin”.

Keywords


Progressive Ijtihadi, Islam Progressif, Muslim Progressif, Fresh Ijtihad, Ulum al-Din, al-Fikr al-Islam dan Dirosah Islamiyyah.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
jurnal al-ihkam by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/al_ihkam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
view my stats