EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING

Andi Mulawakkan Firdaus

Abstract


Bahasa

Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa SMP Negeri 13 Makassar yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Metode Ekspositori, serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Luaran yang akan dihasilkan dari penelitian ini adalah penerapan alternatif pembelajaran yang tidak monoton sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) yang berorientasi pada pembelajaran koperatif tipe Snowball Throwing. Subjek penelitian dibagi dalam 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Setiap kelompok diajar dengan frekuensi pertemuan yang sama dengan materi yang sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih efektif jika dibandingkan dengan penerapan metode ekspositori untuk pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel.

English

This experiment research aims to describe the learning outcomes of students at SMP Negeri 13 Makassar taught with snowball throwing (cooperative) and expository method, and to find out whether snowball throwing method is more effective in learning mathematics than expository method in grade 7. The results of this research are implementing alternative learning method which is not monotonous to improve students' mathematics learning outcomes and producing learning tools that consist of syllabus and lesson plans based on snowball throwing method in cooperative learning. Research subjects are divided into two groups namely the experimental group taught with snowball throwing and the control group taught with expository method. Each group was taught with equal number of meetings and the same material. The result shows that the implementation of snowball throwing method is more effective than expository method for two variables linear equation system.


Keywords


Efektivitas Pembelajaran Matematika; Snowball Throwing; Metode Ekspositori

Full Text:

FULL TEXT (PDF)

References


Berns, R.G. & Erickson, P.M. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing students for the new economy. Diakses di http://eric.ed.gov/?id=ED452376

Furqan. (2008). Statistik terapan untuk penelitian. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasinya. Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama.

Nasution, W. N. (2007). Efektivitas pembelajaran kooperatif dan ekspositori terhadap hasil belajar sains ditinjau dari cara berpikir (Artikel jurnal). Diakses di http://www.litagama.org/jurnal/Edisi5/StrategiPemb.htm.

Risal, N.A. (2009). Efektivitas pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik (Skripsi). FMIPA UNM, Makassar.

Sanimbar. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Sajoanging (Skripsi). FKIP UNISMUH, Makassar.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung, Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, A. (2011). Cooperative learning teori & aplikasi PAIKEM. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran & pengajaran. Bandung, Indonesia: Pustaka Bani Quraisy.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta, Indonesia: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.20414/beta.v9i1.832

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Beta by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/beta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Beta: Jurnal Tadris Matematika

p-ISSN: 2085-5893 e-ISSN: 2541-0458

Alamat Redaksi:

Gedung B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Jln. Gajah Mada 100 - Jempong Baru - Mataram 83116

jurnalbeta@gmail.com 

http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/beta