PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS VII

Yandika Nugraha, Imam Sujadi, Pangadi Pangadi

Abstract


Bahasa

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik penalaran proporsional siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Prosedur pemilihan subjek dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara think aloud method. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) mengelompokkan data dalam 2 kategori, kemudian mereduksi data yang tidak termasuk dalam 2 kategori tersebut, (2) menyajikan data dalam teks naratif, dan (3) menyimpulkan karakteristik penalaran proporsional siswa kemudian membandingkan subjek yang berada pada level yang sama. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada enam subjek siswa kelas VII SMP Negeri Tasikmadu, terdapat empat siswa yang sudah bisa bernalar kuantitatif yaitu mampu memanipulasi situasi perbandingan dengan menggunakan suatu bilangan dan dua siswa menggunakan perkalian silang tetapi tidak sepenuhnya memahami hubungan invarian dan kovarian.

English

This descriptive qualitative research is aimed at describing the characteristics of students proportional reasoning. The subjects are the seventh grade students at SMP Negeri 1 Tasikmadu Karanganyar. The subjects are selected through purposive sampling methods. Data collection applies think aloud method. Time triangulation is used for data validation. Data is analyzed by: (1) classifying data in two categories then reducing them which do not belong to both categories, (2) presenting the data in narrative text, and (3) summarizing the characteristics of students proportional reasoning then comparing the subjects based on same level. The research shows that 4 of 6 students are able to reason quantitatively which mean that they can manipulate the proportional situation using number and the remaining students use cross product but they did not fully understand about the relation of invariant and covariant.


Keywords


Penalaran proporsional; pemecahan masalah; bernalar kuantitatif; perkalian silang; invarian dan kovarian

Full Text:

FULL TEXT (PDF)

References


Abdurrahman, M. (2003) Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

BSNP. (2006) Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta: BSNP.

CORD. (1999) Teaching Mathematics Contextually. The Cornerstone of Tech Prep. CORD Communications, Ins.

De Porter, B. et al. (2005) Quantum Teaching. Bandung: Mizan Pustaka.

Iru, L. dan Arihi, L. O. S. (2012) Analisis Penerapan: Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Hudojo, H. (2005) Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Meier, D. (2003) The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, terjemahan Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

NCTM. (2000) Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Rajagukguk, W. (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Penerapan Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Trigonometri di Kelas X Sma Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan T.A. 2009/2010. Medan: Universitas Negeri Medan.

Rizal, S. (2013). Penerapan pendekatan SaVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) untuk meningkatkan pemahaman konsep teorema Pythagoras siswa kelas VIII-A SMPN 15 Malang. Malang: Program Studi Matematika UM Malang

Suherman dkk. (2003) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. (2010) Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.20414/beta.v9i1.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Beta by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/beta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Beta: Jurnal Tadris Matematika

p-ISSN: 2085-5893 e-ISSN: 2541-0458

Alamat Redaksi:

Gedung B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Jln. Gajah Mada 100 - Jempong Baru - Mataram 83116

jurnalbeta@gmail.com 

http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/beta