PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MODUL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK

Neneng Agustiningsih, Moh. Amin, Mimien Mimien

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing berbantuan modul belajar terhadap keterampilan proses sains, dan hasil belajar psikomotor. Rancangan penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan Pretest-Postest Non equivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di  di SMP Laboratorium UM Malang tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII C sebagai kelas perlakuan, dan VIII B sebagai kelas kontrol.Keterampilan proses sains di ukur menggunakan tes uraian, dan hasil belajar psikomotorik di ukur menggunakan lembar pengamatan, dan rubrik pengamatan psikomotorik. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas.Data diambil pada saat pretes, postes. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05). Sebelum uji anakova, dilakukan uji normalitas data dengan uji kormogolov-smirnov dan uji homogenitas data dengan Levene tes. Hasil penelitian menunjukkan:1) pendekatan inkuiri terbimbing berbantuan modul belajar berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, dan 2) pendekatan inkuiri terbimbing berpengaruh berbantuan modul belajar terhadap hasil belajar psikomotorik. Melihat potensi dari pendekatan inkuiri terbimbing berbantuan modul belajar dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kurikulum 2013.

Kata kunci: Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Psikomotorik.


Keywords


Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Psikomotorik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Image result for morarefRelated imageImage result for ipi   Related image

Editorial Office:

Jl. Gajah Mada No. 100 Jempong Baru, Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram, Faculty of Education and Teacher Training Departement of Biology Education Building C, 1st Floor Email: biota.biologi@iainmataram.ac.id/ dadan.supardan@iainmataram.ac.id 

Creative Commons License

Biota by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/biota is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.