UJI KADAR ZAT WARNA (β-karoten) PADA CABE MERAH (Capsicum annum.Linn) SEBAGAI PEWARNA ALAMI

Miftahus Saadah, Nurdiana Nurdiana, Dwi Wahyudiati

Abstract


Penelitian ini berjudul uji kadar zat warna (β-karoten) pada cabe merah sebagai pewarna alami yanag dilaksanakan mulai dari tanggal 14-15 Desember2015 di Laboratorium Kimia Analitik Fakultas MIPA Unram. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuikadar zat warna (β-karoten) pada cabe merah sebagai pewarna alami. Cabai merah (Capsicum annuum Linn.) merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga Solanaceae.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui kadarß-karoten dalam cabe menggunakan satu jenis cabe, yaitu cabe merah, dan tiga sampel dengan berat yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode spektrofotometer. Cabe segar yang telah dihaluskan diekstraksi dengan campuran aseton + n-heksana (20ml) metode maserasi. Setelah proses ekstraksi selesai ditambahkan aseton 9% dalam heksana untuk pembuatan kurva standar. Penetapan kadarß-karoten dilakukan dengan metode spektrofotometer pada panjang gelombang 436 nm. Hasil uji kualitatif menunjukkan bahwa dalam cabe merahbesar  (Capsicum annuum Linn.) teridentifikasi adanyaß-karoten. Dari penelitian diperoleh hasil kadar rata-rata ß-karoten pada masing- masing sampel I (5,27), II (5,52) dan III (5,54). Dari hasil pengukuran menggunakan spektrofotometer dapat  diketahui  bahwa  cabe  merah  banyak  mengandung zat warna (ß-karoten). Berdasarkan standar warna yang ada, cabe merah termasuk penghasil ß-karoten dengan kadar yang banyak sehingga bisa digunakan sebagai pewarna alami, akan tetapi pada makanan-makanan terntu.

 

Kata kunci :Cabe Merah, ß-karoten, Pewarna Alami


Keywords


Cabe Merah, ß-karoten, Pewarna Alami

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Image result for morarefRelated imageImage result for ipi   Related image

Editorial Office:

Jl. Gajah Mada No. 100 Jempong Baru, Mataram, Universitas Islam Negeri Mataram, Faculty of Education and Teacher Training Departement of Biology Education Building C, 1st Floor Email: biota.biologi@iainmataram.ac.id/ dadan.supardan@iainmataram.ac.id 

Creative Commons License

Biota by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/biota is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.