Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Tentang Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan

Maimun Maimun

Abstract


MBS memberikan peluang kepada guru dan Kepala Sekolah untuk mengelola sekolah menjadi lebih efektif karena adanya partisipasi dan rasa kepemilikan dan keterlibatan yang tinggi dalam membuat keputusan terutama dalam memproses input menjadi output yang diharapkan oleh stakeholers.

Penerapan MBS di sekolah/madrasah bukan dimaknai sebagai lepasnya atau ditiadakannya sentralistik, akan tetapi ada sinergi antara keduanya (pusat dan daerah atau sekolah), dalam hal ini yang masih disentralisasikan seperti; pengembangan kurikulum pendidikan yang bersifat nasional, menetapkan anggaran, serta berbagai kebijakan strategis sebagai dasar yang diperlukan oleh sekolah dalam melaksanakan kegiatan proses pendidikan.

Dengan kata lain otonomi yang dimaksudkan MBS menjadikan sekolah lebih berdaya dan memiliki otoritas yang lebih luas dengan keleluasaan dalam mengelola dirinya termasuk dalam hal ini pelibatan partisipasi masyarakat dalam membangun sekolah yang bermutu.

 

Kata Kunci : Manajemen, Otonomi Pendidikan, partisifasi masyarakat


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 EL-MIDAD