PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU IPA KELAS V DI SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Alwan, Syafi'i Mahsul, Syafi'i

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada tanggal 28 Mei 2013 di SDN 2 Beleka menunjukan bahwa proses pembelajarannnya masih belum dapat terlaksanakan dengan optimal. Hal ini disebabkan  karena guru kurang profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru. Sehingga pembelajaran IPA terkesan kurang  menarik. Hal ini berakibat pada rendahnya aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPA. Kondisi ini dapat dilihat dengan jarangnya peserta didik bertanya dan mengeluarkan pendapat pada saat pembelajaran berlangsung. Desain penelitian ini bersifat penelitian survai. Pendekatan dalam penelitian ini adalah gabungan antara kuantitatif dan kualitatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V (lima) SDN 2 Beleka Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat yang jumlahnya 47 siswa sehingga penelitian ini penelitian populasi.

 Karena populasinya kurang dari 100 maka yang diambil semuanya sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pedoman wawancara terstruktur dan Angket/Kuesioner tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitaif menggunakan angket, sedangkan data kualitatif menggunakan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan kompetensi profesional guru IPA kelas V (Lima) SD Negeri 2 Beleka baik dalam pelaksanaannya. Hal ini dibuktikan dari analisis data yang telah dilakukan dan diperoleh hasil yaitu 80 %. Sehingga dalam Penilaian Acuan Patokan (PAP) ini termasuk dalam kategori 80%  - 89% = Baik. Jadi bisa dikatakan bahwa guru mata pelajaran IPA kelas V (Lima) SD Negeri 2 Beleka baik dalam melaksanakan kompetensi profesional.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 EL-MIDAD