KECERDASAN EMOSIONAL MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR

Akhmad Asyari

Abstract


Proses pembelajaran di kelas merupakan suatu interaksi yang melibatkan sikap dan daya kreatifitas antara guru dengan siswa dan suatu komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam suasana eduakatif untuk pencapaian tujuan belajar. Faktor yang paling signifikan yang menyebabkan ketidakpuasan di sekolah adalah kegagalan, dan putusnya jalinan komunikasi dua arah yang melibatkan aspek kecerdasan sosial emosional. Guru dalam proses membelajarkan dituntut untuk professional dalam bersikap dan kreatif dalam membentuk pola intraksi yang dapat mendorong siswa untuk belajar, sedangkan pembentukan sikap dan daya kreatifitas membutuhkan kecerdasan emosi yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, respon, dan memanipulasi informasi dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan siswa.

Keywords


kecerdasan emosional; sikap; kreatifitas; guru; membelajarkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 EL-HIKMAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
EL-HIKMAH by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/el_hikmah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik Pengunjung

_________________________________________________

el-Hikmah, Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam

Jurusan PAI FITK IAIN Mataram

Jl. Gajah Mada, Jempong, Mataram, Nusa Tenggara Barat

email: jurnal.elhikmah.pai@gmail.com