PENERAPAN STRATEGI MOTIVASIONAL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 1DOMPU TAHUN AJARAN 2014/2015

Muhammad Kafrawi

Abstract


Motivasi bagi anak didik merupakan salah satu penentu keberhasilan pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran diperoleh data bahwa hasil belajar fisika siswa masih rendah. Guru seringkali dirisaukan dengan kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung di kelas. Siswa kelihatan bosan dan lesu serta sedikit sekali  menggunakan pikiran untuk memecahkan persoalan yang dikemukakan di kelas. Ini menggambarkan bahwa pembelajaran belum mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa sehingga berpengaruh pula pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pengelolaan motivasional ARCS dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di SMP Negeri 1 Dompu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar, hasil belajar, sertaaktivitas guru dan siswa selama KBM berlangsung. Data motivasi belajar fisika siswa diperoleh dengan cara pengisian angket oleh siswa yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan, data aktivitas guru dan siswa diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan, dan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi disetiap akhir siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar fisika siswaterlihatdari data sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh hasil angketyaitu kriteria positif rerata = 2,34 (kurang baik) dan kriteria negatif rerata = 2,32 (kurang baik) kemudian setelah pelaksanaan tindakan diperoleh hasil analisis angket motivasi ARCS yaitu kriteria positif rerata = 4,075 (baik) dan kriteria negatif rerata = 3,57 (baik). Penelitian ini juga menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 17,25 yang berada pada kategori cukup aktif, nilai rata-rata kelas 65,33 dengan ketuntasan klasikal 62,96% , pada siklus II diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 20,50 yang berada pada kategori aktif, nilai rata-rata kelas 68,89 dengan ketuntasan klasikal 74,07 %, dan pada siklus III diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 22,50 yang berada pada kategori aktif, nilai rata-rata kelas 72,74 dengan ketuntasan klasikal 85,19 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pengelolaan motivasional ARCS dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar fisika siswa di SMP Negeri 1 Dompu tahun ajaran 2014/2015.

 

Kata kunci : Strategi Pengelolaan Motivasional ARCS, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (EdisiRevisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin, Zainal. 2003. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Aryani, Dessy. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran ARCS terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1Sumerta. Jurnal Penelitian Pendidikan. 15(3):75-82.

Degeng, I N. S. 2001. Landasan dan wawancara kependidikan. Malang: Lembaga Pengembangan dan Pendidikan (LP3) Universitas Negeri Malang.

Depdiknas. 2005. Peraturan pemerintah RI no. 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fatimah, Nurrany. 2013. Pengaruh strategi motivasi attention, relevance, confidance, satisfaction (arcs) dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis di kelas x sma negeri 18 surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.2(2).75-77.

Gintings, Abdorrakhman. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora

Hadi, Efran, 2010. ”Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction)”.

Hamalik, Oemar. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, G. &Agustina, L. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1): 90-96.

Hamzah, Uno. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjono, Ahmad. 2008. Kombinasi Advance Organizer dengan Model Pengajaran Diskusi untuk Menuntaskan Hasil Belajar Mata Kuliah Fisika Modern dengan Respon ARCS pada Mahasiswa Program Studi Kimia PMIP FKIP Universitas Mataram. LaporanPenelitian.8(4):25-30. Mataram: Universitas Mataram.

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada Press.

Keller, J. 1987. Development and use of the arcs model of instructional design. Journal of Instructional Development. 10(3): 2-10.

Kancana, Nur. 2007. Evaluasi Hasilbelajar.

Surabaya: Usaha Nasional.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Slameto. 2009. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, E. & Raharjo. 2007. Cooperative learning. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algresindo.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Refika Aditama.

Suprayekti. 2005. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Supriyadi. 2006. Manajemen dan Teknologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta : UNY.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: PT. Bumi Aksara.

Young, H.D. dan Freedman, R.A. 2002. Fisika Universitas edisi kesepuluh jilid2. Jakarta: Erlangga.

Zuhdi. 2013. ”Motivasi Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Pendekatan ARCS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang Riau”. Jurnal Penelitian Pendidikan. 18(4): 87-91


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KONSTAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________

Jurnal KONSTAN

p-ISSN: 2460-9110

e-ISSN: 2460-9129

http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/konstan

View My Stats

Flag Counter