STUDI GAYA BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2014 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UM MATARAM PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR I TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Linda Sekar Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang gaya belajar mahasiswa angkatan 2014 program studi pendidikan fisika UM Mataram tahun akademik 2015/2016 serta untuk mengetahui gaya belajar yang paling dominan pada matakuliah Elektronika Dasar I tahun akademik 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan situasi atau kejadian untuk memotret fenomena individual atau kelompok tertentu yang terjadi secara kekekinian.Tempat penelitian dilaksanakan di UM Mataram tahun akademik  2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 program studi pendidikan fisika UM Mataram tahun akademik 2015/2016.Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data gaya belajar mahasiswa diperoleh dengan menggunakan angket (kuesioner). Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase gaya belajar (P%).Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa gaya belajar mahasiswa program studi pendidikan fisika angkatan 2014 tahun akademik 2015/2016 adalah visual sering sebanyak 6 orang dengan persentase 54,54 %, visual kadang-kadang sebanyak 5 orang dengan persentase 45,45 %, auditorial sering sebanyak 1 orang dengan persentase 9,09 %, auditorial kadang-kadang sebanyak 9 orang dengan persentase 81,82 %, auditori jarang sebanyak 1 orang dengan persentase 9,09 %, kinestetik sering sebanyak 10 orang dengan persentase 90,91 %, dan kinestetis kadang-kadang sebanyak 1 orang dengan persentase 9,01 %. Gaya belajar yang dominan dari ketiga gaya belajar adalah gaya belajar kinestetis sebanyak 10 orang dengan persentase 90, 91 %.

 

Kata kunci : Gaya belajar, Visual,  Auditori,  Kinestetik


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta

Anonim. (2011). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta: UNY

DePorter,Bobbi & Mike Hernacki. (2002). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Hamzah B. Uno. (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor: KEP.

MEN/ VII/ 2004 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional

Indonesia Sektor Otomotif Sub Sektor Kendaraan Ringan

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Oemar Hamalik .(2001). Proses belajar mengajar.J akarta: PT. bumi aksara

Pardjono. (2011). Peran Industri dalam Pengembangan SMK. Diakses dari staff.uny.ac.id/ sites/ default/ files/ pengabdian/ prof-drs-pardjono-msc-phd/ peran-dudi-utk-smk.docx. pada tanggal 28 Maret 2012 ,jam 22:43 WIB.

Riduwan & Sunarto. (2007). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

S.Nasution .(2003) .Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: BumiAksara

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Th. 2003 Tentang System Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KONSTAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________

Jurnal KONSTAN

p-ISSN: 2460-9110

e-ISSN: 2460-9129

http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/konstan

View My Stats

Flag Counter