PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONTERHADAP DAYA SERAP IPA FISIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2011∕2012

Sartika Sartika, M. Firman Ramadhan, Muhammad Isnaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh penggunaan model direct instruction terhadap daya serap ipa fisika siswa kelas vii di smp negeri 19 mataram tahun pelajaran 2011∕ 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Mataram pada bulan Juli sampai dengan September 2011 tahun pelajaran 2011∕ 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII semester I SMP Negeri 19 Mataram tahun pelajaran 2011∕ 2012. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIC dan kelas VIID. Kelas VIIC sebagai kelompok eksprimen dan kelas VIID sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang sudah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan awal siswa untuk kedua kelompok adalah homogen yang ditunjukan dengan Fhitung < Ftabel (1,14 < 1,70). Serta perbedaan yang dimiliki antara kedua kelompok tidak signifikan yang ditunjukkan dengan thitung < ttabel. Sehingga Ho yang diterima dan Ha ditolak. Sedangkan tes kemampuan akhir ditunjukan dengan menggunakanuji t (relate/ berpasangan) dengan hasil 4,03 dan 2,00 maka dengan taraf signifikan 5% hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, atau Ho ditolak Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Direct Instruction terhadap daya serap siswa kelas VII SMP Negeri 19 Mataram tahun ajaran 2011/2012.

Kata kunci : Model Direct Instruction, Daya Serap

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib Zainal. 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Insan Cendikia.

Arikunto, Suharsimi.2003 . Dasar-Dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakatra: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono.2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kardi, Soeparman dan Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Lansung. Sirabayaunesa-university press.

Puspitawati, R.P.2000. Pengajaran Lansung Dalam Kegiatan Belajar MengajarBiologi.

Disampaikan dalam TOT Contextual Teaching and Learning (CTL) Guru-Guru 24 Provinsi, Dit Pend Lanjutan Tingkat Pertama.

Rahman, dkk. 2002. Forum Kependidikan . Sriwijaya: Fkip unsri.

Sudjana. 2001. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiono. 2000. Statistika Untuk Penelitian. Bandung; CV Alfabeta

Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakaryat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KONSTAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________

Jurnal KONSTAN

p-ISSN: 2460-9110

e-ISSN: 2460-9129

http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/konstan

View My Stats

Flag Counter