KORELASI KECAKAPAN SOSIAL, SIKAP ILMIAH, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA SMP

Kurniawan Arizona, Ahmad Harjono

Abstract


Penelitian ini menyajikan hubungan kecakapan sosial, sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif fisika siswa SMP kelas IX. Sampel penelitian teridiri atas 142 siswa yang diambil secara acak dari 360 siswa kelas IX di SMPN 10 Mataram. Instrumen penelitian berupa angket dan lembar observasi kecakapan sosial, angket sikap ilmiah dan tes hasil belajar kognitif. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi positif antara kecakapan sosial, sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa.

Kata kunci : Kecakapan Sosial, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar  Kognitif Siswa


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing a Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman, Inc.

Arifin, E. Z. 2008. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah Lengkap dengan Kaidah Bahasa Indonesia yang Benar untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

BSNP. 2006. Model Penilaian Kelas Kurikulum Berbasis Kompetensi SMP/MTs. Jakarta: BSNP dan Depdiknas.

Fernanda, M. M., Sano, A. & Nurfarhanah. 2012. Hubungan antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling 1 (1): 1-7.

Hassard, J. & Dias, M. 2009. The Art of Teaching Science. London: Oxford University Press.

Karle, P. 2012. Hubungan antara Sikap Ilmiah dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi BK FKIP Unisri Surakarta Semester Genap Tahun Akademik 2009/2010. 26(1):92-99.

Puskur. 2007a. Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Puskur. 2007b. Naskah Akdemik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Jakarta: Alfabeta.

Sukiman, M. S. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri melalui Strategi Kooperatif terhadap Perkembangan Sikap Ilmiah dan Minat serta Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 2 Mataram. Tesis S2. Universitas Mataram.

Wahyudiati, D. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Diskusi pada Pokok Bahasan Energi dan Perubahannya untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inovasi dan Pendidikan 3 (1): 363.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KONSTAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________

Jurnal KONSTAN

p-ISSN: 2460-9110

e-ISSN: 2460-9129

http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/konstan

View My Stats

Flag Counter