IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA DI MTs. NAHDLATUL MUJAHIDIN NW JEMPONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Helmi Wijayanti, Linda Sekar Utami, Ary Purmadi

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui peningkatan hasil belajar IPA fisika dengan model pembelajaran generatif pada siswa kelas VII MTs. Nahdlatul Mujahidin NW jempong tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah semua kelas VII MTs. Nahdlatul Mujahidin NW jempong tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas yang terdiri dari adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. . Instrumen yang digunakan berupa tes soal untuk pre-test dan post-test masing-masing sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data digunakan uji persyaratan analisis yang meliputi uji homogenitas dan uji normalitas, sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (related) serta analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji statistik untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (2,28 > 1,989)  yang menunjukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak  dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan beberapa analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran generatif terhadap peningkatan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VII MTs. Nahdlatul Mujahidin NW jempong tahun pelajaran 2013/2014

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Kegiatan Laboratorium, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bahtiar. 2010. Modul Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA) Fisika. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.

Lusiana, dkk. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang, (Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3. No. 2 Desember 2009)

Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasionnal. Bumi Aksara

Nur Asma, 2004. Model Pembelajaran untuk Menanggulangi Miskonsepsi Bidang Studi Fisika di SMU, (Jurnal Pembelajaran, Vol 27, No 2, 2004).

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta : Bandung. Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyarto, Teguh dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs. Kelas VII. Jakarta: PT. Jepe Press Media Utama.

Suhirman, Prakonsepsi, Miskonsepsi, dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Sains, (Jurnal Teknologi Pembelajaran: Teori dan Penelitian, Tahun 2006, No 2, 1998).

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabet

Suparno. 2005. Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: PT.Grasindo

Suprijono. 2009. Cooperative Learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tayubi, Yuyu R. 2005. Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-konsep Fisika dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI), (Jurnal Mimbar Pendidikan No3/XXIV/2005).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KONSTAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________

Jurnal KONSTAN

p-ISSN: 2460-9110

e-ISSN: 2460-9129

http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/konstan

View My Stats

Flag Counter