OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI SENTRALISASI NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM KURIKULUM 2013

Achmad Sultoni, Alfan Alfan, Ali Maksum

Abstract


Pemerintah Indonesia mengimplementasikan Kurikulum 2013 untuk mengatasi persoalan karakter dan moral bangsa Indonesia. Implementasi dari Kurikulum 2013 tentunya menghadapi beberapa kendala. Salah satunya adalah masalah teoritis yang menempatkan karakter agama dan karakter sosial dalam posisi yang sama, dan juga aspek skill dan kognitif. Ini bertentangan dengan Islam yang menempatkan pembelajaran agama sebagai dasar bagi nilai-nilai sosial serta aspek skill dan kognitif. Sebagai hasilnya, permasalahan ini menjadikan rintangan bagi implementasi Kurikulum 2013 karena menghasilkan siswa-siswa yang sekuler. Oleh karena itu menjadi penting untuk memformulasikan konsep dan juga implementasi Kurikulum 2013 yang memusatkan pada nilai-nilai agama dalam rangka mengoptimalkan pendidikan karakter. Melalui pendekatan kualitatif dan juga metode penelitian pustaka dengan analisis deskriptif, maka temuan dalam penelitian ini adalah: 1) pemusatan nilai Kurikulum 2013 dilakukan melalui integrasi nilai-nilai agama dengan ilmu alam serta sosial dan sebaliknya yang keduanya berada dalam kurikulum dengan aktivitas yang lebih banyak, 2) ada beberapa cara untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 diantaranya adalah: mendesain KI-KD dan pokok pelajaran, pemilihan metode dan media, dan juga peran dari guru.

Keywords


pemusatan; nilai agama; pendidikan karakter; Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Anonim. "Kerusakan Moral Mencemaskan". Kompas, edisi 20 Juni 2011, hal. 1.

Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan Alam: Buku Guru Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 68 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1993.

Madjid, Nurcholish. Masyarakat Religius. Jakarta: Paramadina, 1997.

Muhaimin, dan Abdul Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya, 1995.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Panduan Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Pusat Kurikulum. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. 2009.

Pusat Kurikulum. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: t.p., 2009.

Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. Malang: UIN Maliki Press, 2010.

Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

-------. Filsafat Pendidikan Islami. PT Remaja Rosdakarya: Bandung, 2010.

Tilaar, H.A.R. Manifesto Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2005.

Tim Penulis. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang. Malang: UM Press, 2010.

Tim Penulis. Pendidikan Islam Transformatif: Membentuk Pribadi Berkarakter. Malang: Dreamlitera, 2014.

Tim Penulis. Pendidikan Islam Transformatif: Membentuk Pribadi Berkarakter. Malang: Dreamlitera, 2014.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijayanto, Iip. Sex in the Kost. Yogyakarta: CV. Qalam, 2003.

Yasin, Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press, 2008.

Zubaedi, Desain pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

http://edukasi.kompas.com/read/2014/03/06/1934280/Kurikulum.2013.Menekankan.Pembangunan. Karakter.Anak (diakses tanggal 2 Maret 2016).

http://hukum.kompasiana.com/2011/11/29/survey-kpk-kementerian-agama-paling-korup-di-tanah-air-417275.html

http://nasional.kompas.com/read/2016/06/30/09330271/putu.sudiartana.anggota.dpr.ketujuh.yang.jadi.tersangka.kpk (diakses tanggal 17 Juli 2016).

http://news.okezone.com/read/2014/09/28/337/1045517/hasil-survei-921-695-pelajar-konsumsi-narkoba (diakses tanggal 14 Juli 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Keislaman by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/lemlit is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik Pengunjung