MODERNISASI SISTEM MANAJEMEN DAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN

Ali Jadid Al Idrus

Abstract


Pesantren sebagai lembaga pendidikan memiliki tujuan untuk menanamkan nilai-nilai keimanan, kebangsaan dan kemasyarakatan dengan mempertahan eksistensi tradisi pesantren dalam mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik untuk menjadi ahli ilmu agama Islam (mutafaqih) dan atau menjadi muslim yang memiliki keterampilan atau keahlian untuk membangun kehidupan Islami di masyarakat. Tujuan pesantren ini tidak terlepas dari faktor sejarah, sosiologis, psikologis maupun kebudayaan bangsa Indonesia khususnya. Pondok pesantren memiliki peran yang sangat penting dalam: (1) pengembangan kehidupan beragama (dinniyah), berbangsa (wathaniyah), dan bermasyarakat (basyariyah), (2) mempersiapakan generasi Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah, (3) Lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan, pegabdian serta sebagai inspirator, (4) Lembaga pendidikan yang memberikan keteladanan, pioneer serta educator, dan (5) Menjadi lembaga pendidikan yang modern, professional dan proposional. Modernisasi sitem merupakan bagian dari ibadah kepada Allah maupun untuk sesama manusia, karena ibadah maka selalu didasari oleh nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Al Hadits. Selain itu petunjuk-petunjuk yang telah diberikan para sahabat, tabi’in sampai dengan para ulama’ shaleh yang kemudian di lanjutkan sebagai nilai dalam menghadapi globalisasi. Selanjutnya dari hasil observasi juga diperoleh gambaran bahwa pengembangan pendidikan sebagai tempat kaderisasi, militansi, intelektualitas, dan mutu yang berdaya saing berdasarkan Al-Qur’an dan Al Hadist serta melanjutkan perjuangan para ulama’ Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan cara mempertahankan tradisi-tradisi pesantren.

Keywords


modernisasi; manajemen; kurikulum; pondok pesantren

Full Text:

PDF

References


A.F. Chalmers, Apa itu yang dimaksud ilmu?: Suatu Penilaian tentang watak dan status ilmu serta metodenya, Terj. Hasta Mitra (Jakrta: Hasta Mitra, 1983).

Abdul Munir Mulkan, Paradigma Intlektual Muslim, Pengantar Filsafat Islam dan Da’wah (Yogyakarta: SIPRESS, 1993).

Abdurrahaman Mas’ud, Dinamika Pesantren dan Madrasah (Yogyakarta: Pusataka Pelajar, 2002)

Abdurrahman Wahid, Menggerakan Tradisi: Esai-Esai Pesantren (Yogyakarta: LkiS, 2007).

Abdurrahman Wahid, Prolog: Pondok Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, Ed. Marzuki Wahid (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999).

Abudin Nata, Islamic Studies Pendekatan Integratif-Interkonektif (Yogyakarta: pustaka pelajar, 2012).

Ahmad Mutohar dan Nurul Anam, Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam dan Pesantren (Jember: Pustaka Pelajar, 2013).

Alwasilah, A. C, Pokoknya Kualitatif Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif, (Bandung: Pustaka jaya, 2008).

Amin Haedar dalam Jurnal Pondok Pesantren Mihrab, Vol. II No. 1 Juli 2007.

Dadang Mustajab, Membangun Pendidikan Pesantren Berbasis Sains dan Teknologi: Pencarian Eksisitensi Pesantren di Era Globalisasi (Draf Buku yang diterbitkan, 2007).

DEPDIKNAS, Kamus Besar

Hamdan Fahran dan Syarifuddin, Titik Tengkar Pesantren : Resolusi Konflik Masyarakat Pesantren (Yogyakarta:Pilar Religia, 2005).

Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan (Jakarta: Bulan Bintang, 1991).

http://id.wikipedia.org/wiki/modernisasi dilihat pada tanggal 21 Mei 2015.

Husni Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 2001).

Jam’an Satori, Aan Komariah, Metodologi Peneliitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta. 2012).

Jane Richie dalam Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1988).

Karel A Steenbrink, Pesantren, Madrasah, Sekolah-Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern (Jakarta: LP3ES, 1986).

Kuntowijoyo, Paradigma Islam Interpertasi Untuk Aksi (Bandung:Mizan, 1998)

Lexy J. Moleong , Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosada Karya. 1990).

Lincoln, Y. S & Guba, E. G. naturaistik Inquiri ,(London: Sage Publication, Bavery Hills, 1985).

M. Sulton Masyihud dan Moh. Khusnurridho, Manajemen Pondok Pesantren (Jakarta: Diva Pustaka, 2003).

Marzuki Wahid, dkk. (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999).

Moh. Kasiram, Metodologi Penelitian, (Malang: UIN-Maliki Press.2010).

Muhammad Kamal Hasan, Modernisasi Indonesia: Respon Cendikiawan Muslim (Surabaya: PT. Bina Ilmu Offset, 1987).

Muhammad Taufiq, Studi Interdisipliner Pemikiran Pendidikan Islam (Mataram: LKIM, 2007).

Mujamil Qomar, Pemikiran Pengemban an Pendidikan Islam, Tulungagung, (Tulungagung pers, 2013).

Mustofa Rahman, “Manajemen Pendidikan Pesantren”, dalama Ismail SM., Nurul Huda dan Abdul Khalik (Eds), Dinamika Pesantren dan Madrasah.

Mustofa Rahman, “Menggugat Manajemen Pendidikan Pesantren “ dalam Ismail SM., Nurul Huda dan Abdul Khaliq (eds), Dinamika Pesantren dan Madrasah (Yogyakarta: Kerjasama Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar, 2002).

Mustofa Rembangy, Pendidikan Islam Dalam Formasi Sosial Globalisasi: Sebuah Refleksi Kritis dan Pencarian Format, dalam Buku , pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi: Buah Pemikiran Tentang Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya, Ed. Imam Mahali dan Mustofa (Yogyakarta: PRESMA Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2004).

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam ( Jakarta: Bumi Aksara, 2003).

Nurcholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan (Jakarta: Paramadina, 1997).

Omar Muhammad Al- Tommy Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Alih Bahasa Hasan Langulung (Jakarta: Bulan Bintang, 1979).

R. Eko Indrajit dan R. Djokopranoto. Manajemen Perguruan Tinggi Moderen, (Jakarta, Andi Press 2006).

Robert K. Yin, Studi Kasus (Desain dan Metode), (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006).

Rofik, S. Pemberdayaan Pesantren, Menuju Kemandirian dan Profesionalisme Santri dengan Metode Dauroh Kebudayaan (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005).

Sanafiah Faisal dalam Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2013).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 378.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Suwadi, Demokratisai Pendidikan Dalam Pengajaran Pragmatik Sastra Menjadi Sebagai Wahana Pencipta Masyarakat Madani, (Cakrawala Pendidikan edisi Khusus, Mei, 1999).

Takdir Alisyahbana, Pemikiran Islam dalam Menghadapi Globalisasi dan Usaha Masa Depan Ummat Manusia (Jakarta: Dian Rakyat, 1992).

Tim Bina Pesantren, Ekslopedi Pesantren, Majalah Bina Pesantren, (Edisi 02, November 2000).

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren dan Pandangan Hidup Kyai di Jawa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Keislaman by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/lemlit is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik Pengunjung