MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI RELIGIUS (Studi Kasus di SMA Islam NW Al-Azhar)

Ahmad Sulhan

Abstract


Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius diwujudkan melalui pembentukan/pengembangan nilai-nilai religius yang diinternalisasikan dalam mewujudkan budaya religius, maka dibutuhkan manajemen, baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) konsep pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius yang dikembangkan di SMA Islam NW Al-Azhar, untuk menemukan (2) model perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius di SMA Islam NW Al-Azhar, (3) implikasi model manajemen pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius di SMA Islam NW Al-Azhar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dengan interactive model yang terdiri dari data collection, data reduction, data display dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konsep pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius adalah: (a) pendidikan karakter berbudaya religius awareness, (b) nilai-nilai religius awareness, dikembangkan dari nilai-nilai: keikhlasan, amanah, kepatuhan (ta’at), istiqamah, peduli lingkungan, kejujuran, tanggung jawab, (c) menggunakan prinsip perpaduan moral knowing, moral feeling dan moral action melalui pendekatan keteladanan; (2) model perencanaan pendidikan karakter dilandasi model yang integratif. Model pelaksanaannya menggunakan pembiasaan, model keteladanan, pengintegrasian kegiatan dan program ekstrakurikuler, intra dan ko-kurikuler dan pembentukan lingkungan (bi’ah) yang kondusif. Model pengawasan menggunakan manajemen kontrol internal melalui tata tertib dan buku attitude, dan eksternal melalui kerjasama dengan orang tua/wali peserta didik; (3) Implikasinya bagi kebijakan sekolah berupa kurikulum pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius, perangkat peraturan proses pembiasaan; sistem manajemen pendidikan karakter yang integratif; budaya sekolah yang berkarakter religius awareness: memiliki kesadaran mewujudkan nilai-nilai religius: beriman dan taqwa, mencintai ilmu pengetahuan, beramal shaleh, percaya diri, berbudi pekerti luhur.

Keywords


manajemen; pendidikan karakter; nilai-nilai religius; budaya religius awareness

Full Text:

PDF

References


Abdurrahmansyah, Wacana Pendidikan Islam, Khazanah Filosofis dan Implementasi Kurikulum, Metodologi dan Tantangan Pendidikan Moralitas. Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2004.

Ahmed, Akbar S. Postmodernism and Islam. New York: Routledge,1992.

Azzet, Ahmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Fajar, A. Malik et.al. Platform Reformasi Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Logos, 2001.

Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia, 1999.

Hitami, Munzir. Mengonsep Kembali Pendidikan Islam. Pekanbaru: Infinite Press, 2004.

Hornby, AS. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. tt: Oxford University Press, 1995.

Kulsum, Umi. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM (Sebuah Paradigma Baru Pendidikan di Indonesia). Surabaya: Gena Pratama Pustaka, 2011.

“Model Pendidikan Karakter Bangsa” dalam http://www.scribd.com/doc/ 50719355/Model-PendidikanKarakter-Bangsa

Munir, Abdullah. Pendidikan Karakter, Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia, 2010.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2003.

Shimogaki, Kazou. Kiri Islam Antara Modernisme dan Postmodernisme; Telaah Kritis atas Pemikiran Hasan Hanaffi, ter. M. Imam Aziz dan M. Jadul Maula. Yogyakarta: LKiS, 2000.

Sudrajat, Akhmad. “Tentang Pendidikan Karakter” dalam http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2010/09/15/konseppendidikan-karakter/

Suyatno. “Peran Pendidikan sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa” makalah disampaikan dalam Sarasehan Nasional “Pendidikan Karakter” yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Kopertis Wilayah III Jakarta, 12 Januari 2010.

Tim Penyusun. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Yani, M. Turhan. “Pendidikan Karakter Berbasis Agama”, Makalah, Disampaikan dalam seminar di STAIN Pamekasan pada tanggal 29 September 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Keislaman by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/lemlit is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik Pengunjung