PERANAN MAJELIS TA’LIM AL-BAROKAH MASJID AL-MUJAHIDIN DALAM PEMBINAAN KEHIDUPAN BERAGAMA DI PERUMNAS KELURAHAN TANJUNG KARANG PERMAI KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM

Abdul Fattah

Abstract


Pada dasarnya majelis ta’lim dengan agama Islam tidak bisa dipisahkan, disebabkan keduanya bertujuan membentuk suatu upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan manusia mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertakwa, berakhlak mulia, dan mengamalkan ajaran Agama Islam dari sumber utamanya yakni kitab suci Al-Qur’an dan Al-Hadits. Artikel ini memaparkan peranan majelis ta’lim dalam pembinaan kehidupan beragama. Penelitian dilakukan di Majelis Ta’lim Al-Barokah Masjid Al-Mujahidin Perumnas Kelurahan Tanjung Karang Permai Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Majelis ta’lim ini memiliki 32 orang pengurus serta lebih dari 150 orang jama’ah. Permasalahan utama penelitian ini adalah bagaimanakah peranan Majelis Ta’lim Al-Barokah Masjid Al-Mujahidin dalam pembinaan kehidupan beragama di Perumnas Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Sekarbela Kota Mataram? Dalam pembinaan keagamaan bagi masyarakat di Kelurahan Tanjung Karang Permai Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, Majelis Ta’lim Al-Barokah memiliki peran yang sangat positif. Hal ini terlihat dari penerapan ajaran agama yang diberikan melalui kajian-kajian yang dilakukan oleh Majelis Ta’lim dengan sungguh-sungguh. Peran riilnya terbaca melalui dimensi fungsi/peranan keagamaan, pendidikan, sosial, seni dan budaya Islam, serta ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pedidikan Agama Islam. PT. Refika Aditama: Bandung.2009.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidkan Dalam Perspektif Islam. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.2010.

Ahmad Yani, 135 Cahaya Dari Masjid Yang Memberi Inspirasi. Gema Insani Press: Jakarta, 2011.

Bandi dkk., Seni Budaya dan Keterampilan. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Deprtemen Agama RI: Jakarta.2009.

Departemen Agama RI, Peningkatan Peran Serta Masyarakat Melalui Majlis Ta’lim. Puslitbang: Jakarta, 2007.

Fahrurrozi Dahlan, Sejarah Perjuangan dan Pergerakan Dakwah Islamiyah TGH.M. Mutawalli di Pulau Lombok, Sentra Media: Jakarta, 2006.

Helmawati¸ Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim: Peran Aktif Majelis Ta’lim Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: RINEKA CIPTA, 2013.

Hendropuspito, Sosiologi Agama. Kanisius: Yogyakarta, 1983.

Ismail Thoib, Wacana Baru Pendidikan “Meretas Filsafat Pendidikan Isla ”. Alamtara Institute: Mataram, 2009.

Moleong J,Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosda Karya: Bandung, 2011.

Mujaddidul Islam, Mengenal Jati Diri Untuk Menjadi Insan Kamil. Lumbung Insani: Jakarta, 2010.

Mustofa, Akhlak Tasawuf. CV. Pustaka Setia: Bandung, 2008.

Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bumi Aksara: Jakarta, 2009.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia: Jakarta, 2010.

Rosehan Anwar, dkk, Majlis Ta’lim dan Pembinaan Umat. Puslitbang Lektur Keagamaan: Jakarta, 2002.

Sidi Gazalba, Masjid Pusat Ibadah dan Kebudayaan Islam. Fustaka Antara: Jakarta, 1976.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung, 2010.

Suharsimi Arikunto, Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT.Rineka Cipta: Jakarta, 2002.

Thomas F. O’Dea, Sosiologi Agama Suatu Pengenalan Awal. PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta, 1996.

Yayasan Penyelenggara Al-Qur’an dan Terjemah, Al- Qur’an dan Terjemah. Sinar Baru Algesindo: Bandung, 2010.

Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara: Jakarta, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Keislaman by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/lemlit is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik Pengunjung