BEREBUT AKSES MENUJU SURGA (Relasi Gender dalam Ritual Keagamaan di Lombok)

Jumarim Jumarim

Abstract


Sepanjang sejarah kemanusiaan, agama, adat, negara selalu menjadi panggung sosialisasi dan internalisasi bias gender dalam bingkai budaya patriarki, sekalipun, Menurut Nasaruddin Umar, al-Qur’an memiliki perspektif ke arah kesetaraan dan keadilan gender. Masyarakat Sasak, dalam meniti hidup dan kehidupan tak terhindar untuk melaksanakan seremoni dan ritual keagamaan, minimal sebanyak 8 kali dalam bentuk begawe, baik begawe pati maupun begawe urip. Apapun bentuk, jenis dan cakupan begawe dalam tradisi Sasak, mesti diawali dan diakhiri dengan proses ritual keagamaan berupa tahlilan, syarakalan dan do’a. Setiap ritual keagaman pada masyarakat Sasak, dikonstruksi secara sosial sebagai wilayah sakral, sehingga membatasi pelakunya hanya bagi pihak yang memiliki jenis kelamin laki-laki dan mengebirikan jenis kelamin lainnya, perempuan. Padahal dari sisi potensi dan keterampilan emperik, perempuan senantiasa mampu menjalankan apapun bentuk dan jenis peran yang selama ini dikonstruksi sebagai wilayah yang hanya terjangkau oleh pihak laki-laki, terutama dalam domain agama atau wilayah sosial yang beridmensi ritual keagamaan. Penelitian yang menggunakan kualittaifdeskriptif tentang peran majelis taklim Miftahul Jannah menunjukkan adanya pergeseran dan perebutan wilayah dengan aksi yang ditopang skill keagamaan dan moral terpuji dan istikamah, sehingga dipercaya publik untuk menjadi pemeran utama dalam beragam jenis sosial-budaya berdimensi ritual keagamaan di Mataram dan sekitarnya. Bahkan, di tangan perempuan, pelaksanaan ritual keagamaan menemukan kekayaan maknanya, di luar seremoni, yaitu, ketaatan kepada Allah (ibadah), kesetiaan kepada sumai dan orangtua (berdoa), refreshing dari kepenatan urusan domestik dan bahkan memiliki dimensi ekonomis sekaligus.

Keywords


ritual keagamaan; peran gender; keadilan gender; ruang domestik

Full Text:

PDF

References


Amin Abdullah, Metodologi Penelitian Agama; Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006

Atho, M. Mudzhar, Pendekatan Studi Islam Dalam Teori Dan Praktek, Yogayakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Alfons Van der Kraan, Lombok, Penaklukan, Penjajahan dan Keterbelakangan, (terj) M. Donny Supanra, Mataram Lengge, 2009

Arief Budiman, Pembagian Kerja secara Seksual, Sebuah Pendekatan Sosiologis tentang Peran Wanita di dalam Masyarakat, Jakarta: Gramedia. 1981,

Bayu Windia, Manusia Sasak Bagaimana Menggaulinya?, Yogyakarta: Genta Press, 2006

Erni Budiwanti, Islam Sasak; Wetu Telu Versus Waktu Lima, terj. Noorcholis dan Hairus Salim, Yogyakarta: LKiS, 2000

Fathurrahman Zakaria, Mozaik Budaya Orang Mataram; Mataram: Yayasan Sumurmas Al-Hamidy, 1998

Heddy Shri Ahimsa-Putra, FENOMENOLOGI AGAMA: Pendekatan Fenomenologi untuk Memahami Agama dalam Walisongo, Volume 20, (Nomor 2, November 2012)

I.B. Wirawan, Teori-Toeri Sosial Dalam Tiga Paradigma Fakta Sosial, Definisi Sosial dan Perilaku Sosial, Jakarta; Prenadamedia Group, 2013

Jajat Burhanudin, (ed), Ulama Perempuan Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2002,

Martin van Bruinessen, NU, Tradisi, Relasi-Relasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru, terj. Farid Wajidi, Yagyakarta: LkiS, 1994

Mansour Fakih, Membincang Feminisme Diskursus Gender Perspektif Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 1994

Moleong, J, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung; Rosdakarya, 2002

Nasaruddin Umar, Argumen Kesetaraan Jender, Perspektif Al-Qur’an, Jakarta, Paramadina, 1999

Ruth Rodet, (terj), Kembang Peradaban Cita Wanita Muslimah, Jakarta; Logos, 1995

Siti Hidayati Amal, Beberapa Perspektif Feminis dalam Menganalisis Permasalahan Wanita, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 1995


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Keislaman by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/lemlit is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik Pengunjung