MANAJEMEN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERBASIS RELIGIUS DI SDIT ANAK SHOLEH MATARAM

Lalu Sirajul Hadi

Abstract


Kualitas proses dan hasil pembelajaran ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki guru, yang didasarkan pada nilai-nilai religius yang dirujuk sebagai keyakinan, pengetahuan, pemahaman dan pengamalan. Maka, dibutuhkan manajemen pengembangan yang tepat, baik pada aspek pedagogik maupun pada aspek religius. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) konsep performance kompetensi pedagogik guru berbasis religius (2) strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru berbasis religius dan (3) implikasi manajemen pengembangan kompetensi pedagogik guru berbasis religius di SDIT Anak Sholeh Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Tekhik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan data (drawaing and verifying conclusions).Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tingkat kepercayaan (credibility), kebergantungan (dependability) dan objektivitas (confirmablity). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) konsep performance kompetensi pedagogik religius adalah unjuk kerja guru yang dibangun berdasarkan potensi, ability, capabeltiey, capacity dan afeksi religius dalam mewujudkan kinerja guru dalam proses dan hasil pembelajaran yang dilandasai dengan nilai-nilai religius sebagai spirit, motivasi dan ideologi (2) pengembangan kompetensi pedagogik religius guru belum dilakukan melalui tahapan dan langkah-langkah yang sistematis, holisitk dan sestemik, kegiatan pengembangan bersifat general-temporary karena tanpa melalui proses analisis penilaian (assessment analysis) dan analisis kebutuhan (need analysis) yang komprehensif dan objektiv. Strategi pengembangan dapat dilakukan dengan menggunakan model pengembangan kompetensi berkelanjutan melalui pendekatan religius learning community (3) implikasi manajemen pengembangan kompetensi pedagogik berbasis religius, adalah; Pertama, implikasi bagi guru (personal impact), terbangunnya kepercayaan diri (self confident), kepuasan diri (self satisfication), kualitas kinerja, dan produktivitas dalam proses pembelajaran dengan menjadikan nilai-nilai religius sebagai spirit, motivasi dan ideologi. Kedua, implikasi bagi sekolah (institution impact), tercipta dan terjaganya kepercayaan stakeholder sebagai pengguna pendidikan.

Keywords


manajemen pengembangan; kompetensi pedagogik; berbasis religius

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2007. Meaningfull Learning: Reinvensi kebermaknaan Pembelajaran: Elaborasi Nilai Islam dan Universalisme Pendidikan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar. Abduljabar, Ceci Safrudin dkk. 2012.Pembentukan Iklim Sekolah Pada Rintisan Sekolah Berstandar Internasional Dalam Krangka learning Community (Studi Iklim Seklah Pada SMAN 1 Kasihan Bantul), Laporan Penelitian, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Al Rasyidin. 2008. Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimohgi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media. Al-Qarashi, Baqil Sharif. 2000. Seni Mendidik Islami. Jakarta:Pustaka Zahra Anang ,Hidayat. 2007. Strategi Six Sigma; Peta Pengembangan Kualitas dan Kinerja Bisnis. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo. Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta : Logos Wacana ilmu Baba,Sidek. 2006. Pendidikan Rabbani: Mengenal Allah Melalui Dunia Pendidikan. Malaysia: Karya Bestari Sdn.Bhd. Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan : Jakarta,2006. Baharuddin & Moh.Makin. 2010. Manajemen Pendidikan Islam: Transformasi Menuju Sekolah /Madrasah Unggul. Malang : UIN-Maliki Press. Wilson, Bangun. 201. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta : Erlangga Barizi,Ahmad.2011. Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang : UIN-Maliki Press Burden, Paul R & Byrd, David M. 1999. Methods For Effective Teaching. UnatedStates of Amirica: A Viacom Company Chatab, Nevizond. 2007. Diagnostic Managment : Metode Teruji Meningkatkan Keunggulan Organisasi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. Daeng Nadja, Hasanudin Rahman. 2004. Manajemen Fit and Proper Test. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa. Darajat, Zakiah . 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Darmawan, Cecep. 2006. Kiat Sukses Manajemen Rasulullah, Manajemen Sumber Daya Insani Berbasis Nilai-Nilai ilahiyah. Bandung: Khasznah Intelektual Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Pengelolaan Pengujian Bagi Guru Matapelajaran. Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dharma, Surya. 2013. Manajemen Kinerja ; Falsafah Teori dan Penerapannya. Jakarta: Pusataka Pelajar Dimyati & Mudjiono.1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga kependidikan. 2008. Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dwikometari, Diaz. 2005. Solution Spritual Quotient: Manajemen Solusi dan Spiritual. Jakarta : Zahra E. Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya. Efendi, Yudi. 2012. Sabar dan Syukur: Rahasia Meraih Hidup Supers Sukses. Jakarta: Kultim Media Endraswara, Sowardi. 2006. Metode Teori Tekhnik Penelitian Kebudayaan; Ideologi Epistimologi dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama Faesal, Yusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam.Jakarta:Gema Insani Press. Fathoni AB, Musyafa. 2009. Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Penjamin Mutu; Studi Multisitus di SD Al-Falah Tropodo 2 Sidoarjo, SDIT Bina Insani Kediri, SDIT Al-Hikmah Belitar. Disertasi tidak diterbitkan. Malang : Program Pascasarja Universitas Negeri Malang Fathurrahman, Pupuh & Sutikno, Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum &Islami. Bandung: Refika Aditama. Fuad, Noor & Gafur, Ahmad. 2009. Integrated Human Resources Development. Jakarta : PT.Grashindo Gaol L, Jummy Chr. 2008. Sistem Informasi Manajemen; Pemahaman dan Aplikasi. Yogyakarta : Grashindo Hadi, Syamsul & Masharyono. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. FIP-UPI Bandung : PT. Imprial Bhakti Utama Hardjosoedarmo, Soearso. 2004. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offcet Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2008. Manajemen Sumber Data Manusia; Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta: Graslndo. Henrik Kock. 2009. International Persepective on Competence development: developing skills and Capabilities, Knud liter (ed). New York: GreenGate Publishing. Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Imron, Ali. 2009. Manajemen Mutu Sekolah Dasar Berbasis Religius: Studi Multi Kasus Pada SD Mintu, SD Iwa’ Ha, SD Kasayanga, SD Kripe. Disertasi tidak dipublikasikan. Malang : Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Irianto, Yoyo Bahtiar. 2011. Kebijakan Pembaharuan Pendidikan: Teori, Konsep dan Model. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Jones, F.Jones & Jones, S.Louise. 1998. Conprehensive Classroom Management (fifth edition), United Stated of Amirica: A Viacom Company. Jorgensen, Danny L. I989. Participant Observation; A Mrthodohgy for Human Studies. London: Sage Publication K. Denzin, Norman & S.Lincoln Yvonna (eds).2009. Handbook of Qualitative Research (Edisi Bahasa Indonesia). Yogjakarta : Pustaka Pelajar Kasmawati. 2012. Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jurnal). Makasar : UIN-Alaudin Kementerian Agama RI.2012.Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia Khalil, Akhyar& Hudaya Latuconsina. 2008.Pembelajaran Berbasis Fitrah, Jakarta: PT.Balai Pustaka Kondsvatter, Rochard, et.all. 1996. Dynamics of Effective Teaching (Thrid Edition). Unaitid Satates of Amirica : Longman Publisher Langgulung.Hasan. 1986. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisis Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna. Lie, Anita. 2010. Cooprative Learning: Memperakfikan Cooprative Learning di Ruang Kelas. Jakarta . M.Arifm. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Prakns Berdasarkan Pendekatan Indisipliner. Jakarta: Bumi Akasara. Majid,Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung; Remaja Rosdakarya. Mantja, Willem. 1998. Manajemen Pembinaan Profesional Guru Berwawasan Pengembangan Sumber Daya Manusia; Suatu Kajian Konseptual Historik dan Empirik (Pidato Pengukuhan Guru Besar). Malang : IKIP Malang Meldana. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Persepektif Integratif . Malang : UIN-Malang Press Mbyrd, David & R.Burden Paul. 1999. Methods for Effective Teaching . USA : A Viacorn Compeny Mudjiono & Dmyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Muhaimain dkk.2004. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefeklifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.. Muhaimin.2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: PSAPM & PustakaPelajar Muhaimin.2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pres Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasi Pendidikan Nilai. Jakarta : Alfabeta Mulyana, Deddy. 2001. Metodelogi Penelitian Kualitatif; Paradigma baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosda Karya. Mulyasa.E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: RosdaKarya, Musfah. Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Peraktek, Jakarta .Kencana Nata, Abuddin.2002. Kapita Selekta Pendidikan Islam; Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nata,Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta ; Prenada Media Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Strategik : Organisasai Non Propit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Jogjakarta : Gadjah Mada university Press. Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS. Pearce & Robinson. 2008. Manajemen Strategis; Formulasi, Implementasi dan Pengendalian, Krista (ed).Jakarta: Salemba Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Bandung: Citra Umbara.2011. Porter, De Bobbi. 1999. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Alwiyah Abdurrahman (Penerjemah), ( Bandung: Mizan,1999) Prabu, AA. Anwar. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Rosda Karya. Prayitno. 2006. Dasar Teori dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo Prihadi, Syaiful F. 2004. Assessment Centre; Identifikasi, Pengukuran, dan Pengemhangan Kompetensi .Jakarta: Graha Media Pustaka. Qardawi, Yusuf. 2003.Menuju Pemahaman Islam yang Kaffah; Analisis Komprehensif Tentang Filar, Karakteristik, Tujuan dan Sumber-Sumber Acuan Islami, Judul Asll : Madkhal Li Ma'rifah al-Islam; Saifiil Hadi (penerjemah) . Jakarta: Insan Cemerlang. Race, J.R. 2010. Metode Penelitian Kulaitatif; Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Rahardjo,Mudjia.2013. Apakah Metode Penelitian Kualitatif Ilmiah? (Online), (http://mudjiarahardjo.uin-malang.ac.id, diakses tanggal 10 September 2013). Rahardjo,Mudjia.2013.AnatomiMetodePenelitian. (Online), (http://mudjiarahardjo.uin-malang.ac.id, diakses tanggal 10 September 2013). Ramayulis.2012. llmu Pendidikan IsIam.Jakarta: Kalam Mulia Raqib, Moh. 2009.llmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: Lkis. Riani, Asri Laksmi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini.Yogyakarta: Graha Ayu Rizali, Ahmad et.al. 2011. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: Grasindo Salam Dz, Abdus. 2014. Manajemen Insani Dalam Bisnis, Yogyakarta : Pustaka Pelajar Sambiring, M.Gorky. 2009. Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati (The Art Of Great Teaching Series). Yogyakarta: Best Publisher. Sarwono, Jonathan.2011. Mixed Methods; Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. Jakarta: Gramedia. Saud, Udin Saefudin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta Sedarmayanti. 2002. Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja, Bandung : Mandar Maju Sentana, Aso. 2004. Key Ressult Area: Pengayaan Potensi Kepemimpinan Bisnis Berbasis Kepuasan Pelanggan. Jakarta : PT. Alex Media Sirait. T Jastine. 2001.Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta:PT.Grasindo. Stiener, Miriam.1996. Developing The Global Teacher; Theory and Practice Teacher Education. England : Trentham Books. Subekhi, Akhmad & Jauhar Mohammad. 2012. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prestasi Pustaka Sudjiono, Ahmad. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajagrafindo Persada Sudrajat, Ahmad. 2011. Kurikulum & Pembelajaran dalam Paradigma Baru. Yogyakarta: Paramitra Publishing Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosadakarya. Surakhmad,Winarno. 2009. Pendidikan Nasional-Staretegi dan Tragedi, Jakarta: Kompas Media Nusantara. Surya, Mohamad. 2004. Bunga Rampai Guru dan Pendidikan.Jakarta: Balai Pustaka.

Suyanto, M. 2007. Manajemen Global Most Admired Companies. Ypgyakarta : PT. Andi Opcet Swanson A. Richard. 2004. Brief on the Foundation of Human Resource Development. Colloqoium Presentation at The University The University of Texas at Tyler. University of Minneosta Syah, Darwan. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press Syah,Muhibbin. l999. Psikologi Belajar. Jakarta : Logos Wacana Ilmu. Tadjoer Ridja J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif; Aktualisasi Metodelogis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Burhan Bungin (edt). Jakarta: Raha Grafmdo Persada. Tafsir, Ahmad. 2012. Filsafat Pendidikan Islam; Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Rosdakarya. Thoha,Chabib.2001. Tekhnik Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT.Raja Gravindo Persada. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen, Diundangkan pada tanggai 30 Desember 2005 Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 157 Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Vernon FJones & Louise F.Jones. 1998. Comprehensive Classroom Management; Creating Communities oj Support and Solving Problem. United Steles Of Amirica: A Viacom Compeney. W.Gulo. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Grasmdo. W.B Castetter. 1981. The Personnel Function in Education Administration. Pennsylvania: Macmillan Willis, Jerry W. 2008. Qualitative Research Methods in Education and Educational Technology. United States of America: Infromation Age Publishing Inc. Wukir. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogjakarta : Multi Presindo Yasin, Ahmad fatah. 2011. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi Kasus di MIN Malang I), El-Qudwah, Jurnal Vol.1 : 189 Yasin, Ahmad Fatah. 2011. Pengembangan Sumber daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam. Malang: UIN Press Yin, Robert K. 2000. Studi Kasus; Desain dan Metode. Jakarta : Rajagrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Keislaman by http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/lemlit is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statistik Pengunjung