Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for SCHEMATA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Pedoman Penulisan

  1. Panduan Umum
  2. Artikel harus diketik dalam satu spasi, font Garamond dengan ukuran 13 pt, kecuali dalam kutipan langsung dan catatan kaki dengan ukuran 11 pt.
  3. Artikel harus mencakup abstrak dalam bahasa Inggris (150-200 kata).
  4. Artikel harus menyertakan kata kunci (5 - 10 kata).
  5. Kata-kata lokal dan asing harus ditulis miring. Kata-kata Arab harus mengikuti pedoman transliterasi bahasa Ulumuna Arab. Download panduan transliterasi disini!
  6. Referensi harus diberikan dalam catatan kaki dan menggunakan gaya Turabian 8th (http://www.press.uchicago.edu/books/turabian/turabian_citationguide.html). Silakan lihat klik di sini gaya catatan kaki dan bibliografi.

Semua artikel harus diserahkan oleh Submission Online di alamat e-journal portal: http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/schemata/about/submissions#onlineSubmissions. Dimana penulis mendaftar sebagai Penulis dan / atau ditawarkan sebagai Reviewer secara online. Jika penulis memiliki masalah tentang pengiriman online, silakan hubungi Tim Editorial di email berikut: nadasultan09@yahoo.com, CC: muhammaddzunnurain@yahoo.co.id

  1. Template artikel

Artikel harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam template artikel MS Word atau dalam PDF

  1. Meninjau Artikel

Setiap makalah yang dikirim secara independen ditinjau oleh setidaknya dua peer-reviewer (Double-blind). Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan atas laporan/rekomendasi mereka. Jika dua atau lebih pengulas menganggap artikel tersebut tidak sesuai untuk dipublikasikan dalam jurnal ini, sebuah pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan tersebut akan dikirim ke penulis dalam waktu tiga bulan setelah tanggal penyerahan.

  1. Revisi Artikel

Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke redaktur tanpa penundaan. Artikel yang direvisi bisa dikirim melalui Online Submission Interface (http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/schemata). Artikel revisi yang dikembalikan lebih dari tiga bulan akan dianggap sebagai pengajuan baru.

  1. Penarikan Artikel

Penulis tidak diijinkan untuk menarik artikel yang diajukan dalam proses peninjauan, karena penarikan tersebut adalah pemborosan sumber daya berharga sehingga editor dan pengulas menghabiskan banyak waktu untuk memproses manuskrip yang dikirimkan. Penarikan tersebut bisa berupa permintaan langsung atau tanpa konfirmasi dimana penulis tidak mengirimkan artikel yang telah direvisi. Untuk keadaan ini, penulis dan afiliasinya akan masuk daftar hitam untuk dipublikasikan dalam jurnal ini.

  1. Cek Plagiarisme

Editor akan menjalankan pemeriksaan plagiarisme menggunakan penjelajahan Google Scholars  dan Grammarly Premium untuk artikel yang dikirimkan sebelum dikirim ke pemeriksa. Kami tidak memproses konten yang dijiplak. Jika sebuah artikel memiliki lebih dari 15% plagiarisme berdasarkan hasil pemeriksaan Google Scholar dan Grammarly Premium, kami akan mengirimkan kembali artikel tersebut kepada penulis untuk direvisi untuk konten yang dijiplak.

  1. Biaya Pengiriman dan Pengisian Pasal

Schemata tidak membebankan biaya kepada penulis untuk mengirimkan, memproses dan menerbitkan artikel. Semua proses publikasi artikel tidak dipungut biaya. Pembaca dapat membaca dan mendownload artikel teks lengkap secara gratis.

  1. Online Submission

Penulis pertama-tama harus mendaftar sebagai Penulis dan / atau ditawarkan sebagai Reviewer melalui alamat berikut: http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/schemata/about/submissions#onlineSubmissions

Penulis harus memenuhi formulir sedetail mungkin dimana bintang bertanda form harus dimasukkan. Setelah semua form textbox terisi, Penulis mengklik tombol "Register" untuk melanjutkan pendaftaran. Oleh karena itu, penulis dibawa ke antarmuka pengiriman penulis secara online dimana penulis harus mengklik "New Submission". Di bagian Start a New Submission, klik 'Click Here': untuk menuju ke langkah pertama dari proses penyerahan lima langkah. Berikut adalah lima langkah dalam proses pengiriman online:

  • Step 1 - Starting the Submission (Memulai Submission): Pilih bagian jurnal yang sesuai, yaitu Artikel Penelitian Asli, Review Article, atau Short Communication. Dengan demikian, penulis harus memberi tanda cek pada daftar periksa pengiriman.
  • Step 2 – Uploading the Submission (Mengunggah Kiriman): Untuk mengunggah artikel ke jurnal ini, klik Browse pada item file Upload submission dan pilih file dokumen artikel yang akan diserahkan, lalu klik tombol Upload.
  • Step 3 – Entering Submission’s Metadata (Memasukkan Metadata Penyampaian): Pada langkah ini, detail metadata penulis harus dimasukkan termasuk pengarang yang sesuai. Setelah itu, judul artikel dan abstrak harus diupload dengan cara menyalin teks dan paste di textbox termasuk kata kunci.
  • Step 4 – Uploading Supplementary Files (Mengupload File Tambahan): File tambahan harus diunggah termasuk Covering / Submission Letter, dan Signed Copyright Transfer Agreement Form. Karena itu, klik tombol Browse, pilih file, lalu klik tombol Upload.
  • Step 5 – Confirming the Submission (Mengkonfirmasi Submission): Penulis harus memeriksa dokumen-dokumen yang diunggah dalam langkah ini. Untuk mengirimkan artikel ke jurnal Schemata, klik tombol Finish Submission setelah dokumen-dokumen itu benar. Penulis atau penulis yang sesuai.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.