PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF ANTARAGURU DENGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MA NURUL IMAN DASAN MAKAM LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2011-2012

Ahmad Sehabuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi
edukatif antara guru dengan siswaterhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XMA Nurul Iman Dasan Makam Lombok Timur tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear sederhana dan pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif korelasional sebab akibat.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam tahun pelajaran 2011-2012.Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu: 1) metode angket, 2) metode observasi, 3) metode dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh interaksi edukatif antara guru dengan siswaterhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MA Nurul Iman Dasan Makam Lombok Timur tahun ajaran 2011-2012.Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan r hitung lebih besar dari r tabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,696> 0,413 > 0,320).Persamaan regresi yang dapat disusun dari variabel independen (interaksi edukatif antara guru dengan siswa) dan variabel dependen prestasi belajar siswa yaituƶ = 43,680 + 0,584X.

Keywords


Interaksi Edukatif Antara Guru dengan Siswa; Prestasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.