EVALUASI KUALITAS INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA TENAGA PENDIDIK

Uswatun Hasanah, Susilahudin Putrawangsa, Raden Fanny Printi Ardi

Abstract


Kajian ini adalah analisis kualitas instrumen pengukuran kinerja tenaga pendidik yang digunakan di salah satu perguruan tinggi di Nusa Tenggara Barat. Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas instrumen tersebut. Analisis ini dilakukan dengan metode Analisis Factor (Factor Analysis). Terdapat 3 faktor pengukuran yang terdapat dalam instrument tersebut, yaitu faktor pedagogik (5 indikator), profesionalisme (11 indikator) dan kepribadian (3 indikator). Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: 1) Indikator dalam instrumen tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yaitu faktor formal dan informal. Faktor formal bersifat institusional dan terstruktur, seperti indikator penyampaian pokok materi, penggunaan metode pembelajaran, pemberian contoh yang sesuai dengan materi ujian, dan penggunaan alat atau media pembelajaran. Sedangkan faktor informal bersifat noninstitusional yang cenderung lebih bersifat hubungan emosional atau tidak resmi, seperti kemampuan pendidik dalam menciptakan suasana yang nyaman dan bersahabat selama perkuliahan; 2) Pada instrumen tersebut, ditemukan sejumlah indikator yang perlu ditiadakan karena memiliki bobot indikator lebih kecil dari 0.5, seperti salah satu faktor profesionalisme, yaitu ‘Dosen menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan bidang/topik lain di luar mata kuliah’. Indikator ini perlu ditiadakan karena memiliki makna yang sama dengan indikator profesionalisme lainnya, yaitu ‘Dosen menjelaskan penerapan bidang/topik yang diajarkan dengan kebutuhan dunia nyata’.

 

The current research is an analysis of the quality of an instrument that is used to measure educator performance at a college in West Nusa Tenggara. The research aims to improve the quality of the instrument. Factor Analysis is used in the study. There are 3 measurement factors in the instrument, those are pedagogic factors (5 indicators), professionalism (11 indicators) and personality (3 indicators). The result shows that: 1) those indicators can be classified into two factors, formal factors, and informal factors. Formal factors are institutional and structured, such as the indicators of subject matter delivery, the use of teaching method, the use of relevance example, and the use of learning media and tools. Meanwhile, informal factors is non-institutional, which tends to be emotional relationship or informal relationship, such as educators capability in creating pleasant and friendly classroom; 2) It is found that some indicators need to be removed because they have indicator values less than 0.5, for instance, the indicator that ‘lecturers explain the relationship between the subjects being taught and other subjects outside that subjects’ is need to be removed because it has a similar meaning with another indicator that is ‘lectures explain the application of the subject in real life’.


Keywords


Factor Analysis; Evaluation; Instrument; Performance Measurement; Educator; Analisis Faktor; Evaluasi; Instrumen; Pengukuran Kinerja; Tenaga Pendidik;

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional.(2008).Penilaian Kinerja Guru.

Hary Susanto. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, Nomor 2, Juni 2012.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Mitchell, T. R, & Larson, J. R., jr., (1987). People in organizations, an instruduction to organizational behavior (3th ed). Singapure: Mc Graw Hill Book Company.

Santoso, Singgih. (2006). Seri Solusi Bisnis Berbasis TI: Menggunakan SPSS untuk Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tim Penyusun STMIK Bumigora Mataram.(2015).Kebijakan SPMI STMIK Bumigora Mataram.

Widayat. (2016). Analisis Faktor (Factor Analysis), Bahan Pelatihan Statistika.




DOI: http://dx.doi.org/10.20414/j-tatsqif.v15i1.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.